Infeed 1

Sunday, July 1, 2018

Panduan Cepat Menguasai PowerPoint 2010

Pemahaman dasar PowerPoint 2010

Pada kesempatan kali ini Penulis ingin membahasa tentang PowerPoint.
PowerPoint adalah aplikasi di dalam paket Microsoft Office yang di gunakan untuk menyusun presentasi. Aplikasi ini sangat populer dan banyak digunakan dikalangan profesional, akademisi, praktisi maupun pemula untuk aktivitas presentasi. Dalam sejarahnya, PowerPoint mengalami banyak perkembangan. Perusahaam pembuatnya, Microsoft, selalu konsisten mengembangkan fitur-fitur PowerPoint, yang lebih kaya dan lebih mudah di gunakan. Bahkan saat ini PowerPoint seakan-akan telah menjadi program standar untuk presentasi. Kata PowerPoint sering kali di gunakan sebagai kata ganti materi untuk presentasi. Apalagi dengan keunggulan dan pengoprasian, dapat dikatakan PowerPoint memiliki kelebihan dibandingkan program lain yang sejenis.
Saat ini PowerPoint 2010 hadir sebagai persi terbaru di dalam paket Microsoft Office 2010. Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan PowerPoint 2007, tidak akan mengalami kesulitan menggunakan PowerPoint 2010, karena dari sisi tampilan tidak mengalami perubahan, Bahkan aplikasi ini terasa lebih menyenangkan karena kelebihan-kelebihannya, seperti PowerPoint 2007, PowerPoint 2010 juga menggunakan Ribbon. Bahkan didalam PowerPoint 2010 ditambahakan beberapa fasilitas baru yaitu kemudahan kolaborasi dalam presentasi dengan teman kita. Selain itu, transisi dan animasi di dalam PowerPoint 2010 berjalan dengan lebih halus. Bahkan fasilitas ini juga telah mendapatkan tempat tersendiri didalam Ribbon sehingga Kita dapat dengan mudah mem broadcast dan share presentasi kita.

Area Kerja PowerPoint 2010
Sebelum memulai membuat presentasi sebaiknya Kita mengenal area kerja didalam Microsoft PowerPoint 2010.
1. Panel Slide, lembar presentasi yang akan ditayangkan, tempat kita mengetikan teks sebagai judu, subjudul, ataupun konten presentasi. Selain itu kita juga dapat menyisipkan gambar, grafik atau objek lainnya dikolom tersebut.
2. Tab Slide, yang menunjukan persi kecil (thumbnail) dari tampilan slide yang ditunjukan dalam Panel Slide. Anda dapat dengan mudah melompat ke slide lain menggunakan mouse melalui bagian ini.
3. Panel Catatan (Notes Pane), tempat untuk menuliskan keterangan atau catatan pada slide yang aktif. Sering kali slide yang ditampilkan tidak memuat semua deskripsi namun berupa informasi singkat. Kadang kala pembuat presentasi butuh pengingat konteks presentasi melalui bagian ini.

Bagi pengguna PowerPoint versi sebelumnya tentunya telah mengetahui kemungkinan untuk menambahkan multimedia kedalam presentasi, seperti clipart, table, video, dan sound. Dengan bamyaknya tambahan fasilitas baru, menjadikan PowerPoint tidak hanya dapat membuat presentasi verbal, tetapi juga dapat digunakan untuk keperluan lain seperti company profile, iklan presentasi produk dan lain-lain.

Ribbon
Ribbon dirancang untuk merampingkan alur kerja dan bertujuan untuk menyediakan semua yang dibutuhkan dengan seminimum mungkin melakukan klik mouse.
Setiap tab pada ribon berisi pilihan perintah yang berhubungan dengan bidang pekerjaan tertentu dan perintah yang dipecah menjadi kelompok-kelompok.
Pada Ribbon PowerPoint 2010 muncul tab baru yang sebelumnya tidak ada dicPowerPoint 2007 menu tersebut digantikan oleh Microsoft Office buton. Warna merah ini berbeda pada aplikasi Microsoft yang lain, sebagai contoh warna biru untuk Microsoft Word.
Untuk membuka tab baru, klik pada nama dalam ribbon. Beberapa perintah mempunyai tombol yang terbagi secara horizontal menjadi dua, dengan bagian bawah menampilkan panah ke bawah. Mengklik tanda panah bawah menghasilkan lebih banyak pilihan, sementara mengklik pada bagian atas, berarti mengeksekusi perintah dengan pengaturan standar.

Quick Access Toolbar
Quick Access Toolbar adalah sekumpulan toolbar yang berisi standar yang dapat diakses dengan cepat tanpa melalui menu file. Secara default, menu ini terletak tepat di bawah toolbar.
Kita juga dapat mengubah toolbar yang ingin Kita tampilkan dengan cara mengklik tanda panah kebawaj yang terletak disebelah kanan toolbar.

Menu File
Menu file merupakan tab pada Ribbon yang berisi toolbar standar, seperti Save, Save As, Open, Close, Info, New, Recent, Print, Save & send, Help, Option, dan Exit.
Sekian dulu tulisan saya kali ini, dan somoga tulisannya bermanfaat, dan bisa lebih meningkatkan pengetahuan kita tentang PowerPoint.
Pada tulisan Berikutnya, saya akan melanjutkan tulisan Panduan Cepat Menguasai PowerPoint 2010, tentang Bagaimana Membuat Presentasi Sederhana,dan  pembahasan lainnya  tahap demi tahap.
Terimakasih telah berkunjung di blog saya, tunggu tulisan berikutnya.

Next Page >>>
Next Page >>>


No comments:

Post a Comment